Menyiasati Design Interior Dapur Untuk Rumah Minimalis

shares |

Design Interior Dapur
Memiliki rumah dengan ukuran yang mungil alias minimalis memang memerlukan sebuah kreatifitas yang tinggi di dalam penataan ruangan yang ada, salah satunya adalah dapur. Mengingat banyaknya perkakas yang akan dipakai, tentunya kita harus memutar otak untuk mengefisienkan penggunaan ruang. Apalagi space yang terbatas di dlam rumah hanya segitu-gitunya.
Pertama kali  yang sangat wajib diperhatikan adalah penentuan furnitur yang akan dipasang. Untuk itu,  pilihlah furnitur yang bisa dimanfaatkan secara vertikal. Gunakan furnitur yang tinggi dan mempunyai banyak ruang sehingga kita bisa menyimpan berbagai peralatan yang ada tanpa menghabiskan ruangan. Agar memberi kesan luas,  jangan memasang sekat antara dapur dan ruang makan.
Itu soal perabotan. Nah, untuk cat, pilihlah  warna-warna yang cerah untuk memberikan kesan luas pada ruangan dapur. Pilhlah warna-warna yang menyatu antara tembok dengan kitchen set yang ada.  Anda mungkin pernah menyaksikan acara televisi dengan seting dapur atau ruang makan. Banyak lho yang tidak menerapkan penggunaan sekat, hasilnya seperti yang anda lihat, ringkas, tidak ribet namun menujukkan kesan luas.

O, ya jangan abaikan juga untuk ventilasi. Pastikan dapur mempunyai ventilasi yang cukup, agar udara segar cahaya matahari juga bisa masuk. Sepertinya yang kita ketahui,  dapur adalah area yang mempunyai kadar kelembapan yang cukup tinggi, maka keberadaan ventilasi ini menjadi sangat penting supaya dapur mungil anda tidak ditumbuhi oleh jamur dan sejenisnya. Selain itu, adanya ventilasi ini akan membantu mempercepat keluarnya asap dari masakan yang kita olah. Aroma makanan yang dimasak tidak akan terjebak  atau tertahan di dalam ruangan.

Untuk penempatan kompor jangan pernah meletakkannya di dekat jendela yang memiliki gorden. Api dari kompor sewaktu-waktu bisa menyambar dan berpotensi menyebabkan terjadi kebakaran.

 Kejelian dalam memanfaatkan ruang dalam dapur dengan ukuran yang terbatas  dengan sentuhan kreatifitas akan membuat dapur jadi terasa lebih luas, nyaman, terlihat rapi dan enak dilihat. Bahkan akan membuat kita betah untuk masak sambil bercengkrama. Jangan lupakan juga untuk membersikahkan dapur secara berkala dari ceceran minyak atau serpihan bahan masakan yang diolah agar tetap bersih dan sehat.

Sumber: http://www.modelrumahminimalist.com/gambar-dapur-kecil-minimalis/

Summber gambar: http://modelrumahminimalis123.com/desain-dapur-minimalis-simpel-elegant.html.

Related Posts

1 komentar

  1. Terlihat sangat rapih dan kesannya elegan sekali
    rumah design dapurnya seperti ini.

    BalasHapus