Kitchen Set Berbahan Kayu, Pilihan Murah Design Interior Dapur

shares |

Mendesain setiap sudut rumah agar tampak modern dan menarik tidak hanya difokuskan pada bagian ruang tamu atau kamar tidur saja. Dapur menjadi bagian penting dari Design Interior yang tidak boleh dilupakan. Agar dapur tidak saja berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan memasak, menatanya dengan kitchen yang serasi akan menjadikan dapur sebagai salah satu bagian yang nyaman. Beberapa hal yang jadi pertimbangan antara lain adalah range harga, ukuran, bentuk, bahan serta kesesuai model yang dipilih.

Selain soal tampilan, fungsi dapur dengan aplikasi kitchen setnya harus bisa mendukung kebutuhan manusia modern masa kini yang menuntut segi praktis dan efektif dalam menyedikan hidangan untuk setiap penghuni rumah.

Soal anggaran yang terbatas akan menjadikan kita memilih kitchen set yang lebih fungsional daripada unsur dekoratifnya. Namun begitu, kita masih bisa mendapatkan kitchen set dengan tampilan yang tidak kalah menarik. Beberapa jenis bahan kayu yang bisa digunakan antara lain sebagai berikut:

Design Interior : Blockboard
Kayu olahan jenis ini mempunyai lapisan utama pada bagian tengahnya dan terdiri dari beberapa potong kayu dengan ketebalan 2 cm – 3 cm, setelah itu  dilaminating dan dilapisi beberapa vinir. Lapisan vinir disusun mengikuti alur serat melintang untuk keseimbangan sekaligus mencegah penyusutan kayu.

Design Interior Teakblock
Teakblock merupakan salah satu kayu olahan dengan proses pengolahan mirip dengan Blockboard. Bedanya,  Teakblock mempunyai satu lapisan lagi yang fungsinya hanya untuk menambah nilai estetika kitchen set.  

Plywood adalah  kayu olahan yang paling murah dari semua jenis bahan yang digunakan untuk membuat kitchen set. Plywood terbuat dari beberapa lembar kayu yang sangat tipis, atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan tripleks, rata-rata plywood mempunyai ketebalan hanya 0,3 cm.

Design Interior Laminboard
Laminboard hampir sama persis dengan blockboard. Bedanya ada pada ukuran lebar lapisan bagian tengahnya lebih tipis, antara 0,5 cm – 0,7 cm. Meski begitu masyarakat umumnya masih menganggap kayu jenis ini sama dengan blockboard. Selain jenis di atas, masih ada kitchen set yang terbuat dari kayu olahan, yakni MDF (Medium Density Fiber) dan HDF (High Density Fiber). Sama-sama terbuat dari serbuk kayu  yang dicampur bahan wax dan lem sebelum dipressing. Bedanya adalah ketebalan yang diinginkan untuk MDF dibutuhkan panas medium, sementara  untuk HDF dibutuhkan panas yang lebih tinggi.

Sumber: http://rumahidamanminimalis.info/harga-kitchen-set-murah-untuk-dapur-idaman/

Sumber gambar: https://www.bukalapak.com/p/household/kitchen-garden/o2ej-jual-kithen-set-minimalis-modern-kayu-jati-lampung

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar