Merencanakan Design Interior Butik

shares

Design Interior butik
Seiring dengan perkembangan jaman. Dunia fashion pun tak kalah berkembang pesat. Retail pakaian atau yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan butik pun banyak bermunculan di kota-kota di Indonesia. Saat ini banyak sekali pusat perbelanjaan yang menyediakan beraneka ragam barang yang berkaitan dengan elemen design fashion seperti pakaian, sepatu dan aksesoris. Sehingga cukup banyak kita temui beberapa brand yang memiliki label besar yang membuat design interior dengan tampilan yang menarik dan anggun.

Semakin banyak menjamurnya brand atau merek baru ini tentu menambah persaingan dalam dunia fashion. Khususnya bagi para pelaku usaha yang hendak memasarkan produk mereka. Penentuan design yang tepat memang sangat berpengaruh bagi kelancaran atau perkembangan sebuah butik. Perlu perencanaan yang tepat dalam men-design sebuah butik karena design interior merupakan bagian penting yang menjadi daya tarik sebuah butik. Design Interior yang unik, nyaman, dan memikat tentunya dapat membuat orang banyak berkunjung ke toko Anda.

Untuk menata atau mendesain sebuah butik, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan. Apalagi anda ingin membuat butik anda layaknya butik dengan label internasional. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah:
1.      Menentukan terlebih dahulu tema untuk design butik anda. Tema yang Anda pilih bisa beragam mulai dari gaya desain interior, suasana, produk, furniture atau warna. Contohnya, jika Anda mengambil tema warna kayu dan ke emasan, maka Anda harus konsisten dalam menerapkan tema ini ke dalam desain interior butik Anda. Seperti dalam gambar di bawah ini, butik ini konsisten menggunakan warna kayu dan ke emasan untuk desain interior butiknya mulai dari lantai, dinding, plafond, dan perabotnya. Hasilnya jejeran baju atau sepatu dan lainnya yang dipamerkan tampak menonjol dan pengunjung bisa lebih fokus melihat koleksi yang ada di butik ini.
2.      Kedua. Tentukan siapa sasaran konsumen anda. Buatlah list mengenai kesukaan, status sosial atau ekonomi mereka, karena design yang baik adalah design Interior yang menyesuaikan dengan kondisi konsumen. Dengan begitu, anda bisa dengan mudah menarik pengunjung untuk mampir ke butik anda.
3.      Ketiga. Buatlah dekorasi yang seminimalis mungkin karena tidak bisa dipungkiri kalau tujuan anda tentu juga ingin agar pengunjung membeli barang sebanyak mungkin bukan? Jadi cukup berikan hiasan sederhana seperti tanama dalam pot atau photo mengenai koleksi produk butik anda.
4.      Ke-empat. Buat sesuatu yang menonjol pada interior butik Anda. Contoh paling mudah adalah mengggunakan manekin yang mengenakan koleksi terbaru butik anda lalu disorot lampu di tengah ruangan. Atau anda juga bias buat sesuatu yang akan selalu diingat pengunjung ketika meninggalkan butik Anda contohnya mungkin memberi souvenir atau katalog khusus yang mencerminkan butik anda. Dengan begitu pengunjung akan selalu ingat dengan butik anda.
5.      Kelima. Pastikan semua produk yang Anda jual bisa terlihat, dicari, dan dijangkau dengan mudah dan terangkum dalam area masing-masing. Sebagai contoh: buatlah lemari display dengan ketinggian yang berbeda untuk variasi penempatan produk. Suasana butik yang rapi dan teratur akan membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama memilih dalam butik Anda.
6.      Buat juga beberapa area penting seperti Area Publik, Semi Publik, Privat dan Servis. Area Publik adalah area yang bias diakses oleh semua pengunjung. Area Semi Publik adalah area yang tidak bias diakses oleh semua pengunjung seperti area untuk ganti baju, tempat kasir atau tempat tunggu. Ada juga Area Privat, dimana area itu haya bias diakses oleh orang yamg berkepentingan seperti pemilik, pengelola atau manafer dan office butik. Dan yang terakhir adalah area servis. Area ini adalah tempat melakukan kegiatan servis seperti gudang.

Selamat mencoba. Tapi ingat, desain interior bukanlah satu-satunya hal yang akan membawa kesuksesan untuk Anda. Anda juga harus mendukungnya dengan pelayanan yang baik dan memuaskan dari karyawan yang bekerja di butik anda karena pelanggan adalah salah satu faktor penentu yang besar untuk Anda bisa menggapai kesuksesan.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar